Jumat, 28 November 2014

Bahan Bakar Untuk Memasak

          Assalamu'alaikum Wr. Wb

                   Selamat Pagi, Siang, Sore, dan Malam Semuanya, bertemu kembali dengan saya Rizki Pahlevi Sudiarto yang akrab di sapa Levi, wah udah lama nih ga ngepost lagi ke blogger, sebelumnya terima kasih yah udah mau mampir ke Blog saya yang sangat sangat sederhana ini, hehe, semoga kalian ga begitu bosan buat ngunjungin blog saya ini. Oke, kali ini saya akan membahas tentang Bahan Bakar Untuk Memasak dari yang jadul sampe yang sekarang. Kalo gitu tanpa basa basi lagi kita langsung aja mulai bahas tentang bahan bakar untuk memasak.

                   Kalo kita lihat dari perkembangan sejarahnya, kita tau bahwa di awal peradaban manusia telah mengenal yang namanya Api. Setelah itu Api digunakan untuk mematangkan makanan agar dapat manambahkan cita rasa pada makanan. Api kemudian di buat dengan menggunakan Kayu Bakar atau Batu Bara dan untuk menjaga agar api tetap seimbang besarnya, maka di buatlah perapian sebagai wadah untuk menempatkan api. Seiring berjalannya waktu ditemukanlah Minyak Bumi yang ternyata dapat memicu api. Sehingga terciptlaha yang namanya kompor dengan bahan bakar Minyak Bumi contohnya seperti Minyak Tanah. Kompor berbahan bakar minyak bumi ini mulai digunakan pada tahun 1990-an. Akan tetapi karena persediaan minyak bumi di dunia ini terbatas maka para manusia yang sangat pintar pun mecari alternative lain agar tidak menghabiskan banyak minyak bumi di dunia ini, maka terciptalah Kompor Berbahan Bakar Gas Alam yang sekarang banyak sekali penggunanya didunia dan Kompor Listrik (kompor yang mengubah energi listrik menjadi suhu yang dapat di atur tanpa membakar objek yang di panaskan).


                      Dari kompor berbahan bakar gas alam di kembangkan kembali menjadi kompor berbahan bakar biogas, yaitu yang berasal dari kotoran hewan ternak, dengan cara kotoran ternak terlebih dahulu di endapkan di suatu tempat dan akan menimbulkan atau menghasilkan gas yang bisa menjadi bahan bakar untuk memasak.




Ini contoh gambar untuk memasak menggunakan kayu akar



                    Pada jaman sekarang memasak menggunakan kayu bakar sudah sedikit yang melakukannya, akan tetapi masih ada segelintir orang yang masih menggunakannya, dan yang menarik menurut info-info yang saya tahu, memasak menggunakan kayu bakar bisa membuat makanan yang di masak memiliki cita rasa tersendiri atau khas,



Dan ini contoh Kompor yang menggunakan Minyak Tanah



Ini kompor menggunakan gas yang sekarang ini umum sekali digunakan



Dan yang terakhir, kompor listrik

                     Disini terlihat jika kita menggunakan kompor listrik, tidak ada api yang muncul, melainkan hanya memasak dengan menggunakan listrik yang di ubah menjadi suhu yang bisa di atur oleh si pengguna.

                     Mungkin cukup sekian untuk Postingan Blog yang saya buat kali ini, jika ada yang kurang atau yang lainnya, kalian bisa cantumkan di Comment. Dan terimaksih sekali lagi telah mengunjungi Blog saya, sampai jumpa di lain kesempatan dan di lain Posting yang akan saya buat kembali.

                     Sampai Jumpa dan Say "Bye- Bye"












                     "Levi" :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar